UNLOCKED (2017)

Assalamu'alaikum, good day.

Baru nonton film baru yg didominasi wajah-wajah lama yg saya rindukan. John Malkovich dengan suara dan aksen khasnya. Si Jangkung Toni Collette yg intimidatif, well meski tampak lebih tua dari usia sebenarnya, saya senang bisa menikmati aktingnya lagi. Mulai memperhatikan di film mana saja dia muncul sejak The Sixth Sense (1999) dan In Her Shoes (2005). Ada pula Orlando Bloom yg sayangnya jadi villain. Daaan Michael Douglas. Fyi, Catherine Zeta-Jones pernah bercerita bahwa saat ia bertemu calon suaminya itu di Deauville, Prancis, Michael Douglas berkata,"I want to father your children--aku ingin menjadi ayah dari anak-anakmu." Oh God, romantis sekali!


Sekarang ke film-nya. Tadi tayang di Fox Action Movies sore hari, sayang saya nggak nonton sejak awal. Jadi tidak bisa berpanjang-panjang membahas detail kali ini (mungkin nanti kalau tayang lagi, saya kembali untuk ngedit dan nambahin lagi). Tidak mau sok tahu. Hihihi.
Overall film-nya bagus sekali. Meskipun sempat kaget lihat Bloom (Jack Alcott) sebagai villain tewas terbunuh dan membayangkan andai dia saja yg jadi jagoannya, bukannya Noomi Rapace (Alice Racine). Tapi beberapa menit berselang, saya berubah pikiran. Rapace tampil intens. Totalitasnya membawakan peran sbg agen CIA terlatih yg patut diperhitungkan dan mahir baku hantam baik dengan tangan kosong maupun menggunakan senjata jelas mencuri perhatian.
Aktris asal Swedia bertulang pipi tinggi yg namanya begitu unik sejak dari nama depan sampai nama belakangnya ini sempat mengalami patah tulang hidung ketika siku seseorang mengenai wajahnya saat proses pengambilan gambar. Meski begitu, dia tidak sadar sampai ketika tiba-tiba dirinya sempat pingsan sesaat. Rapace bersikeras syuting tetap dilanjutkan, Cideranya sendiri akhirnya sembuh dengan cara harus melewati proses pematahan hidung ulang pada Bulan April 2015.
Jujur saja, ini pertamakalinya saya lihat penampilan Noomi Rapace. Entah apakah mungkin pernah lihat tapi tidak memperhatikan betul dan segera lupa atau memang benar-benar belum pernah lihat sama sekali. Kalau ada aktor/aktris yg tampil bagus dalam sebuah film yg diperkuat jajaran bintang senior dan veteran tapi tidak saya kenali, biasanya saya malu sendiri. Iih, penggemar film apaan? Begitu suka berkata dalam hati.
Setelah saya cek, Rapace pernah juga muncul dalam The Girl With The Dragon Tatto (2009) sebagai pemeran utamanya : Lisbeth Salander. Seingat saya, saya pernah lho nonton film ini sampai kelar. Tapi dalam ingatan saya yg jadi pemeran utamanya Rooney Mara lho. Dan meski dengan alis dibabat habis, saya cukup yakin bisa memastikan Rooney Mara tidak terlihat seperti Noomi Rapace. Dan setelah double-check, eh ternyata kedua film dengan judul sama itu diadaptasi dari novel yg sama juga tapi versi Rapace adalah versi Swedia (mendapat banyak pujian bagus) sedang versi Mara adalah versi Hollywood-nya. Ya ampun, kenapa jadi mixed up begini ya? Pantes ku bingung.


Anyway, Unlocked cukup bagus (subyektif ya. Opini bisa berbeda-beda) menurut saya pribadi. Film thriller berdurasi 98 menit yg disutradarai Michael Apted ini bercerita ttg pergulatan batin seorang agen CIA yg diminta bergabung kembali dalam sebuah misi di mana dia harus melakukan metode pendekatan berbeda untuk merekrut seorang agen muda baru, Amjad (pemuda kulit hitam Muslim, diperankan oleh Tosin Cole) dan menyertakannya dalam misi berbahaya. Karena mengenal keluarga agen baru tsb, ada hubungan emosional di antara mereka sehingga ketika Amjad mendadak terbunuh, Alice menjadi beringas dan membunuh semua yg bertanggungjawab atas kematian Amjad.


Selebihnya selain kuatir jadi spoiler buat anda yg belum pernah nonton, saya memang tidak nonton sejak awal, jadi tidak bisa cerita panjang ttg film-nya sendiri. Yg pasti penampilan Noomi Rapace dalam pengamatan saya pribadi sungguh memukau dan enjoyable, selain tentunya menyenangkan bisa melihat para aktor veteran kaliber Oscar ikut memperkuat jajaran cast.
From me, Unlocked gets 8 out of 10. Excellent Espionage Thriller it is! Tonton dah.

Komentar